Sabtu, 01 Mei 2010

KONSELING PASIEN

whatever you think why i wrote this post, i’ll just post it. ya.. karena gw pikun berat, gw post aja sekarang. ntar pas gw tingkat 6 bisa gw liat lagi. ^o^

ini tatacara konseling pasien (KKD modul IKK). waktu itu diajarin sama Dr.Endang tersayang, dan gw(bareng Ansu) simpulkan seperti di bawah ini.

Dr.J : Selamat siang, Ibu. Perkenalkan saya Dr.Jonghyun* yang akan membantu ibu dalam konsul siang ini. Silahkan duduk, bu. [salaman]

Ibu Chao : Selamat siang dok. terima kasih [sambil duduk]

[area basa basi] Dr.J : Ibu kemari dengan siapa?… [atau] Dari mana ibu?…[bla..bla..bla..]

[keluhan utama] Dr.J : Ada apa ibu sampai datang kemari?

Ibu Chao: begini dok…[contoh:] saya sedang menyusui anak pertama saya yang berumur 4 bulan. saya mau pakai KB karena saya ingin anak kedua kalau si sulung sudah umur 6 tahun. tapi saya bingung mau pakai KB jenis apa, suami sih maunya jangan kondom.

[pernyataan mengerti] Dr.J: oooo.. seperti itu..

[cek pengetahuan pasien] Dr.J: maaf ibu, sebelumnya saya mau bertanya dulu nih, bisa ibu ceritakan apapun yang ibu ketahui tentang KB itu sendiri?

Ibu Chao: bla..bla..bla..

[reply] Dr.J: memang betul bahwa bla..bla.. [atau] mengenai pernyataan ibu ttg bla..bla..

[memberitahu] Dr.J: jadi, sebenarnya KB itu bla..bla..[jenis, kelebihan, kekurangan, dll]–>[jangan terlalu panjang]

[cek pengertian] Dr.J: Sampai disini apakah cukup jelas?

[tawarkan pertanyaan] Dr.J: Ada yang ingin ibu tanyakan?

[jawab pertanyaan/lanjutkan penjelasan]

[empati] Dr.J: wajah ibu terlihat bingung. apakah ada yang ibu risaukan/khawatirkan??

Ibu Chao: Iya dok, saya merasa khawatir kalau…bla..bla..

[empati] Dr.J : SAYA MENGERTI YANG IBU RASAKAN…bla..bla..

[dorong pasien memutuskan] Dr.J: jadi bagaimana ibu?

Ibu Chao: sepertinya saya akan pakai jenis KB bla..bla..[atau] mungkin saya akan memikikannya dulu.. [atau lainnya]

[reassurance]: Dr.J: kalau begitu, silahkan ibu datang kapan saja untuk memulai.. bla..bla [atau] ibu tidak usah terburu-buru memutuskan, baik juga berdiskusi lagi dengan suami [DAN] Bila ibu merasa bingung atau ada yang ingin ditanyakan ataupun butuh bantuan apapun, kapaaaannnn saja ibu mau, ibu dapat menghubungi saya. saya siap membantu ibu.

[tawarkan pertanyaan lagi] Dr.J: masih ada yang ingin ibu tanyakan?

[tutup] Dr.J: kalau begitu, cukup sekian pertemuan kita kali ini. Terima kasih, ibu. Selamat siang.

p.s.: semua itu insyaAllah udah mencakup semua checlist KKD konseling pasien. gak kurang. gak lebih. kalo pasiennya gak cerewet/terlalu kritis, 8 menit beress.

1 komentar:

Zahra mengatakan...

tingakt 6??? emang sekarang belum tingkat 6 ya?